Loading...

Cara Mudah Membuat Kalkulator Sederhana Dengan Android Studio

2/27/2017 13 Comments

Kali ini saya akan berbagi tutorial membuat Kalkulator sederhana dari Android Studio,  di sini saya menggunakan android stuido versi 2.2.3.

Aplikasi kalkulator android ini masih sangat sederhana sekali, kamu bisa ikuti step by step pembuatannya hingga selesai.

Baik langsung saja kita mulai langkah demi langkah pemuatannya.

Cara Buat Kalkulator Sederhana Dengan Android Studio

1. Buka Android Studio
2. Buat Projek Baru
3. Beri nama projek sesuai yang kamu inginkan
4. Tentukan Target Android Device nya
5. Pilih Empty activity
6. Pada bagian Costomize The Activity biarkan saja default

Mulailah membuat layout xml pada activity_main.xml 
Disain layout seperti gambar di bawah ini. 


Berikut ini  source code pada activity_main.xml, silahkan di sesuaikan. untuk lebih jelasnya pada gambar di atas kamu bisa melihat susunan componen tree pada bagian kiri gambar.


<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<RelativeLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
    xmlns:tools="http://schemas.android.com/tools"
    android:layout_width="match_parent"
    android:layout_height="match_parent"
    android:paddingBottom="@dimen/activity_vertical_margin"
    android:paddingLeft="@dimen/activity_horizontal_margin"
    android:paddingRight="@dimen/activity_horizontal_margin"
    android:paddingTop="@dimen/activity_vertical_margin"
    tools:context=".MainActivity">

    <EditText
        android:id="@+id/result_id"
        android:layout_width="match_parent"
        android:layout_height="70dp" />

    <Button
        android:id="@+id/Btn7_id"
        android:layout_width="70dp"
        android:layout_height="60dp"
        android:layout_below="@id/result_id"
        android:onClick="btn7Clicked"
        android:text="7" />

    <Button
        android:id="@+id/Btn8_id"
        android:layout_width="70dp"
        android:layout_height="60dp"
        android:layout_below="@id/result_id"
        android:layout_toRightOf="@id/Btn7_id"
        android:onClick="btn8Clicked"
        android:text="8" />

    <Button
        android:id="@+id/Btnclear_id"
        android:layout_width="90dp"
        android:layout_height="60dp"
        android:layout_below="@id/result_id"
        android:layout_toRightOf="@id/Btn9_id"
        android:onClick="btnclearClicked"
        android:text="clear" />

    <Button
        android:id="@+id/Btn4_id"
        android:layout_width="70dp"
        android:layout_height="60dp"
        android:layout_below="@id/Btn7_id"
        android:onClick="btn4Clicked"
        android:text="4" />

    <Button
        android:id="@+id/Btn5_id"
        android:layout_width="70dp"
        android:layout_height="60dp"
        android:layout_below="@id/Btn8_id"
        android:layout_toRightOf="@id/Btn4_id"
        android:onClick="btn5Clicked"
        android:text="5" />

    <Button
        android:id="@+id/Btn6_id"
        android:layout_width="70dp"
        android:layout_height="60dp"
        android:layout_below="@id/Btn9_id"
        android:layout_toRightOf="@id/Btn5_id"
        android:onClick="btn6Clicked"
        android:text="6" />

    <Button
        android:id="@+id/Btnplus_id"
        android:layout_width="90dp"
        android:layout_height="60dp"
        android:layout_below="@id/Btnclear_id"
        android:layout_toRightOf="@id/Btn6_id"
        android:onClick="btnplusClicked"
        android:text="+" />

    <Button
        android:id="@+id/Btn1_id"
        android:layout_width="70dp"
        android:layout_height="60dp"
        android:layout_below="@id/Btn4_id"
        android:onClick="btn1Clicked"
        android:text="1" />

    <Button
        android:id="@+id/Btn2_id"
        android:layout_width="70dp"
        android:layout_height="60dp"
        android:layout_below="@id/Btn5_id"
        android:layout_toRightOf="@id/Btn1_id"
        android:onClick="btn2Clicked"
        android:text="2" />

    <Button
        android:id="@+id/Btn3_id"
        android:layout_width="70dp"
        android:layout_height="60dp"
        android:layout_below="@id/Btn6_id"
        android:layout_toRightOf="@id/Btn2_id"
        android:onClick="btn3Clicked"
        android:text="3" />

    <Button
        android:id="@+id/Btnminus_id"
        android:layout_width="90dp"
        android:layout_height="60dp"
        android:layout_below="@id/Btnplus_id"
        android:layout_toRightOf="@id/Btn3_id"
        android:onClick="btnminusClicked"
        android:text="-" />

    <Button
        android:id="@+id/Btnequal_id"
        android:layout_width="110dp"
        android:layout_height="60dp"
        android:layout_below="@id/Btn1_id"
        android:onClick="btnequalClicked"
        android:text="=" />

    <Button
        android:id="@+id/Btndivide_id"
        android:layout_width="90dp"
        android:layout_height="60dp"
        android:layout_below="@id/Btn1_id"
        android:layout_toRightOf="@id/Btnequal_id"
        android:onClick="btndivideClicked"
        android:text="/" />

    <Button
        android:id="@+id/Btnmulti_id"
        android:layout_width="100dp"
        android:layout_height="60dp"
        android:layout_below="@id/Btnminus_id"
        android:layout_toRightOf="@id/Btndivide_id"
        android:onClick="btnmultiClicked"
        android:text="*" />

    <Button
        android:id="@+id/Btn9_id"
        android:layout_width="70dp"
        android:layout_height="60dp"
        android:onClick="btn9Clicked"
        android:text="9"
        android:layout_alignBottom="@+id/Btn8_id"
        android:layout_toEndOf="@+id/Btn8_id"
        android:layout_below="@+id/result_id" />

</RelativeLayout>

7. Tuliskan Source code di bawah ini pada MainActivity.java.

package com.okedroid.aplikasisaya;
 
import android.os.Bundle;
import android.support.v7.app.AppCompatActivity;
import android.view.View;
import android.widget.EditText;
 
 
public class MainActivity extends AppCompatActivity {
 
    public String str ="";
    Character op = 'q';
    float i,num,numtemp;
    EditText showResult;
    @Override
    public void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
        super.onCreate(savedInstanceState);
        setContentView(R.layout.activity_main);
 
        showResult = (EditText)findViewById(R.id.result_id);
 
    }
    public void btn1Clicked(View v){
        insert(1);
 
    }
 
    public void btn2Clicked(View v){
        insert(2);
 
    }
    public void btn3Clicked(View v){
        insert(3);
 
    }
    public void btn4Clicked(View v){
        insert(4);
 
    }
    public void btn5Clicked(View v){
        insert(5);
 
    }
    public void btn6Clicked(View v){
        insert(6);
    }
    public void btn7Clicked(View v){
        insert(7);
 
    }
    public void btn8Clicked(View v){
        insert(8);
 
    }
    public void btn9Clicked(View v){
        insert(9);
 
    }
    public void btnplusClicked(View v){
        perform();
        op = '+';
 
    }
 
    public void btnminusClicked(View v){
        perform();
        op = '-';
 
    }
    public void btndivideClicked(View v){
        perform();
        op = '/';
 
    }
    public void btnmultiClicked(View v){
        perform();
        op = '*';
 
    }
    public void btnequalClicked(View v){
        calculate();
 
    }
 
    public void btnclearClicked(View v){
        reset();
    }
    private void reset() {
        // TODO Auto-generated method stub
        str ="";
        op ='q';
        num = 0;
        numtemp = 0;
        showResult.setText("");
    }
    private void insert(int j) {
        // TODO Auto-generated method stub
        str = str+Integer.toString(j);
        num = Integer.valueOf(str).intValue();
        showResult.setText(str);
 
    }
    private void perform() {
        // TODO Auto-generated method stub
        str = "";
        calculateNoShow();
        numtemp = num;
 
    }
    private void calculate() {
        // TODO Auto-generated method stub
        if(op == '+')
            num = numtemp+num;
        else if(op == '-')
            num = numtemp-num;
        else if(op == '/')
            num = numtemp/num;
        else if(op == '*')
            num = numtemp*num;
        showResult.setText(""+num);
    }
 
    private void calculateNoShow() {
        // TODO Auto-generated method stub
        if(op == '+')
            num = numtemp+num;
        else if(op == '-')
            num = numtemp-num;
        else if(op == '/')
            num = numtemp/num;
        else if(op == '*')
            num = numtemp*num;
    }
}


Baik, sampai di sini kita sudah selesai membuatnya kalkulator sederhana, kamu bisa menjalankan projek kamu di emulator kesayangan kamu.

Demikian tutorial cara membuat kalkulator sederhana dengan android stuido, silahkan di kembangkan sesuai dengan selera, jika ada pertanyaan kamu bisa tuliskan di kolom komentar.

Menghitung Total Nilai Dalam Table dengan Java Netbeans

2/27/2017 11 Comments
Hai sob... semoga hari mu menyenangkan, kali ini saya akan berbagi tutorial java untuk menghitung nilai dalam tabel.

Perhitungan ini menjumlahkan coloum dalam tabel sehingga mendapatkan nilai total secara otomatis.

Tutorial menghitung coloum pada tabel kali ini saya menggunakan contoh untuk menghitung transaksi penjualan seperti dalam video berikut ini.



Baik langsung saja ke poinnya, Buatlah sebuah public final void auto_sum pada form, kemudian gunakan code di bawah ini. Selanjutnya kamu tinggal memanggil fungsi auto_sum pada saat kamu inginkan.


//menjumlahkan isi colom ke 4 dalam tabel
int total = 0;
for (int i =0; i< TblDetail.getRowCount(); i++){
       int amount = Integer.parseInt((String)TblDetail.getValueAt(i, 3));
       total += amount;
}
TxtTotal.setText(""+total);

Keterangan :
  • auto_sum : nama fungsi yang bisa kamu ganti dengan nama lain
  • total : variabel pembantu dengan tipe integer
  • amount : variabel integer sebagai penampung nilai pada coloum ke 4 tabel

Untuk lebih jelasnya, perhatikan gamar di bawah ini. disini saya menjumlahkan coloum ke 4 sebagai total transaksi. mudah bukan ? silahkan di coba dan di kembangkan. jika kamu masih belum bisa silahkan berikan pertanyaan di kolom komentar.


Artikel Netbeans lainnya :

Kode Otomatis Java Netbeans Berdasarkan Tanggal

2/21/2017 2 Comments



   public void auto_key(){  
   try {  
   java.util.Date tgl = new java.util.Date();  
   java.text.SimpleDateFormat kal = new java.text.SimpleDateFormat("yyMMdd");  
   java.text.SimpleDateFormat tanggal = new java.text.SimpleDateFormat("yyyyMMdd");  
     Connection c=ClassKoneksi.getkoneksi();  
     String sql = "select max(supplier_id) from t_supplier WHERE supplier_input ="+tanggal.format(tgl);   
     Statement st = ClassKoneksi.getkoneksi().createStatement();  
     ResultSet rs = st.executeQuery(sql);  
     while(rs.next()){  
     Long a =rs.getLong(1); //mengambil nilai tertinggi  
       if(a == 0){  
         this.supplier_id.setText(kal.format(tgl)+"0000"+(a+1));  
       }else{  
         this.supplier_id.setText(""+(a+1));  
       }  
   }  
   rs.close(); st.close();}  
   catch (Exception e) {  
   JOptionPane.showMessageDialog(null, "Terjadi kesalaahan");  
   }  
 }  

Menggunakan KeyPressed jTextField Java Netbeans

2/08/2017 3 Comments

Fungsi keypress pada sebuah text sangat sering di gunakan, salah satu manfaatnya adalah untuk memfalidasi sebuah class atau hanya sekedar memudahkan pengguna saat mengoperasikan form untuk berpindah text. Pada kasus ini kita akan mempraktekkan cara menggunakan fungsi keypressed pada sebah text pada netbeans.

Untuk menggunakan fungsi Keypress pada jTextField pada java netbeans adalah sebagai berikut. Pertama pilih pada jTextField dengan click kanan, pilih Event, kemudian pilih key, lalu pioih Keypressed. masukkan code berikut di bawah ini :

 if (evt.getKeyCode() == KeyEvent.VK_ENTER) {     
       JOptionPane.showMessageDialog(null, "Enter Ditekan");
       //Tambahkan kode anda di sini  
 }  

kita dapat menggunakan fungsi keypress sebagai tool berpindahnya text pertama menuju text lainnya dengan menggunakan tombol enter saat program di jalankan.

Menggunakan Keypress untuk memanggil data MySQL

Keypress juga dapat di gunakan untuk memanggil data dari database, berikut ini contoh penggunaan keypress untuk memanggil(read) data dari database.

misalkan dalam kasus ini saya memiliki data dalam tabel siswa dengan struktur data seperti gamabar di bawah ini.


 public void cari_siswa(){   
    try {   
    Connection c=ClassDBKoneksi.getkoneksi(); //koneksi ke database
    String sql = "select * from t_siswa WHERE nim='"+this.TxtNim.getText()+"'";  //TxtNim adalah nama text pada form  
    Statement st = ClassDBKoneksi.getkoneksi().createStatement();   
    ResultSet rs = st.executeQuery(sql);   
    while(rs.next()){   
    this.TxtNama.setText(rs.getString("nama"));   
    this.TxtAlamat.setText(rs.getString("alamat"));    
    }  
    rs.close(); st.close();}   
    catch (Exception e) {   
     System.out.println(e.getMessage());   
    }   
  }  

Dalam contoh ini saya menggunakan tabel dengan nama t_siswa, dan memiliki komponen form seperti dibawah ini. Sesuaikan nama field dan komponen pada project anda masing-masing. 



Dan untuk menjalankan fungsi cari_siswa pada form, anda hanya perlu menambahkan atau memanggil cari_siswa pada keypress yang kita buat sebelumnya.

Simak video berikut ini untuk penjelasan lebih lanjut

Tutorial Membuat CRUD Pada Java Netbeans

1/24/2017 Add Comment

Dalam latihan kali ini kita akan membahas materdi CRUD dengan menggunakan Java Netbeans, pada latihan ini saya menggunakan Netbeans versi 8.1.

1. Membuat Database

 Buat lah database baru dengan nama "db_java1" pada phpmyadmin, buat sebuah tabel dengan nama t_siswa, dengan field nim, nama, dan alamat. seperti gamabar di bawah ini.


2. Buat New Project

Buat Project baru pada netbeans anda dengan nama project "JavaLat1",

3. Membuat Koneksi Database

Buatlah sebuah class baru dengan nama "ClassDBKoneksi" , Class ini di gunakan sebagai koneksi untuk menghubungkan ke dalam database. Guanakan code berikut ini :

 private static Connection koneksi;  
 public static Connection getkoneksi(){  
    if(koneksi==null){  
      try {  
        String url=new String();  
        String user=new String();  
        String password=new String();  
        url="jdbc:mysql://localhost:3306/db_java1";  
        user="root";  
        password="";  
        DriverManager.registerDriver(new com.mysql.jdbc.Driver());  
        koneksi=DriverManager.getConnection(url,user,password);  
      }catch (SQLException t){  
        System.out.println("Eror membuat koneksi");  
      }  
     }  
    return koneksi;  
  }  

Keterangan :
  • "koneksi" pada bagian atas, adalah variabel baru yang akan kita gunakan sebagai penghubung dengan fungsi yang ada pada di dalamnya
  • db_java adalah nama database yang kita buat sebelumnya
  • Localhost adalah local server kita
  • 3306 merupakan port yang di gunakan pada localserver kita.

4. Membuat Form

Buatlah sebuah form  menggunakan "Jframeform" dengan tampilan seperti gambar di bawah ini. form ini menggunakan :
  • 3 JtextField dengan Variabel Name atau nama, TxtNim, TxtNama, TxtAlamat.
  • 4 tombol yaitu simpan, edit, hapus, dan batal, dengan Variabel Name BtnSimpan, BtnEdit, BtnHapus, BtnBatal
  • 1 buath tabel dengan Variabel Name tblSiswa.
Buatlah From berikut ini menggunakan nama-nama variabel di atas. Pastikan nama-nama variabel yang anda buat sama sebelum ke tahap selanjutnya.


4. Membuat Fungsi Menampilkan data Pada Tabel


Sebelumnya buat terlebih dahulu Variabel Model, letakkan di bawah public class FrmSiswa extends javax.swing.JFrame { . Masukkan code berikut ini.

 private DefaultTableModel model;  

Kemudian buatlah fungsi Public Final Void dengan nama "loadData", fungsi ini di gunakan untuk memanggil data saat pertama kali form di tampilkan.

   public final void loadData(){  
   model.getDataVector().removeAllElements();  
   model.fireTableDataChanged();  
   try{  
     Connection c= ClassDBKoneksi.getkoneksi();  
     Statement s= c.createStatement();  
     String sql="Select * from t_siswa";  
     ResultSet r=s.executeQuery(sql);  
     while(r.next()){  
       Object[]o=new Object[4];  
       o[0]=r.getString("nim");  
       o[1]=r.getString("nama");  
       o[2]=r.getString("alamat");  
       model.addRow(o);  
     }  
     r.close();  
     s.close();  
     ShowData();  
   }catch(SQLException e){  
     System.out.println("Terjadi Kesalahan");  
   }    
 }  


Buatlah fungsi Public Void dengan nama "ShowData", Fungsi ini di gunakan untuk menampilkan data pada database ke dalam tabel, dengan code sebagai berikut ini :

   public void ShowData(){  
   int i=TblSiswa.getSelectedRow();  
   if(i==-1)  
   { return; }  
   String NIM=(String)model.getValueAt(i, 0);  
   TxtNim.setText(NIM);  
   TxtNim.disable();  
   String NAMA=(String)model.getValueAt(i, 1);  
   TxtNama.setText(NAMA);  
   String ALAMAT=(String)model.getValueAt(i, 2);  
   TxtAlamat.setText(ALAMAT);  
 }  

5. Fungsi Membersihkan Text

Fungsi ini di gunakan untuk membersikan text, apa bila text terisi oleh nilai maka dengan memanggil fungsi ini text akan kosong kembali, 

  public void HapusText(){  
   this.TxtNim.setText(null);  
   this.TxtNama.setText(null);  
   this.TxtAlamat.setText(null);  
   TxtNim.enable();  
   this.TxtNim.requestFocusInWindow();  
   }  

6. Fungsi Menyimpan Data

Fungsi ini digunakan untuk menyimpan data pada text yang kita isi ke dalam database.

 public void TambahData(){   
   String nim =this.TxtNim.getText();  
   String nama=this.TxtNama.getText();  
   String alamat=this.TxtAlamat.getText();  
   try{  
     Connection c=ClassDBKoneksi.getkoneksi();  
     String sql="Insert into t_siswa (nim,nama,alamat) values (?,?,?)";  
     PreparedStatement p=(PreparedStatement)c.prepareStatement(sql);  
     p.setString(1,nim);  
     p.setString(2,nama);  
     p.setString(3,alamat);  
     p.executeUpdate();  
     p.close();  
   }catch(SQLException e){  
   System.out.println(e);  
   }finally{  
   loadData();  
   JOptionPane.showMessageDialog(this,"Data Telah Tersimpan");  
  }  
 }  


7. Fungsi Mengubah Data

Fungsi memperbarui data yang telah tersimpan di dalam database. data yang tersimpan bisa kita rubah kembali, kecuali prymary key dari data tersebut.

   public void UpadateData(){  
   int i= TblSiswa.getSelectedRow();  
     if(i==-1)  
     {  
       return;  
     }  
     String nim=(String)model.getValueAt(i, 0);//boleh di ganti id  
     String nama=this.TxtNama.getText();  
     String alamat=this.TxtAlamat.getText();  
     try{  
       Connection c= ClassDBKoneksi.getkoneksi();  
       String sql ="UPDATE t_siswa set nama=?,alamat=? WHERE nim=?";  
       PreparedStatement p=(PreparedStatement)c.prepareStatement(sql);  
           p.setString(1,nama);  
           p.setString(2,alamat);  
           p.setString(3,nim);//yang kode atau id letakkan di nomor terakhir  
           //p.setString(2,password);  
           p.executeUpdate();  
           p.close();  
     }catch(SQLException e){  
       System.out.println("Terjadi Kesalahan");  
     }finally{  
       loadData();  
       JOptionPane.showMessageDialog(this,"Data Telah Diubah");  
     }  
 }  

8. Fungsi Menghapus Data

Fungsi untuk  menghapus data pada database, buatlah public void dengan nama "DeleteData", kemudian masukkan kode berikut ini.

   public void DeleteData(){  
   int i =TblSiswa.getSelectedRow();  
   if(i==-1)  
   { return;  }  
   String KODE=(String)model.getValueAt(i, 0);//nidn boleh diganti id  
   try {  
     Connection c= ClassDBKoneksi.getkoneksi();  
     String sql="DELETE From t_siswa WHERE nim=?";  
     PreparedStatement p=(PreparedStatement)c.prepareStatement(sql);  
     p.setString(1,KODE);  
     p.executeUpdate();  
     p.close();  
   }catch(SQLException e){  
     System.out.println("Terjadi Kesalahan");  
   }finally{  
     loadData();  
     JOptionPane.showMessageDialog(this,"Sukses Hapus Data...");  
   }  
 }  


9. Fungsi Memanggil Data

Fungsi ini di buat untuk memanggil data untuk di proses, proses yang di maksud di sini adalah untuk mengekskusi data apakah data akan di hapus atau di edit Buatlah fungsi Public Vodi dengan nama "ShowData"

   public void ShowData(){  
   int i=TblSiswa.getSelectedRow();  
   if(i==-1)  
   { return; }  
   String NIM=(String)model.getValueAt(i, 0);  
   TxtNim.setText(NIM);  
   TxtNim.disable();  
   String NAMA=(String)model.getValueAt(i, 1);  
   TxtNama.setText(NAMA);  
   String ALAMAT=(String)model.getValueAt(i, 2);  
   TxtAlamat.setText(ALAMAT);  
 }  


10. Aktifkan Button Simpan

Untuk mengaktifkan tombol JButton yang telah kita beri nama "BtnSimpan" caranya dengan click kanan pada Button Simpan, Pilih Event -> Action -> Action Performed. Kemudian masukkan code di bawah ini untuk memanggil fungsi-fungsi yang kita buat di atas.

 this.TambahData();  
 this.HapusText();  
 this.ShowData();


11. Aktifkan Button Edit

Caranya sama dengan Button simpan di atas, Pilih Event -> Action -> Action Performed. Kemudian masukkan kode di bawah ini.

 this.UpadateData();  
 this.HapusText();  
 this.ShowData();   


12.Aktifkan Button Hapus

Pilih Event -> Action -> Action Performed. Kemudian masukkan kode di bawah ini.

 this.DeleteData();  
 this.HapusText();  
 this.ShowData();  


13. Aktifkan Button Batal

Pilih Event -> Action -> Action Performed. Kemudian masukkan kode di bawah ini.

 this.HapusText();

14. Aktifkan KLIK Tabel

Pilih Event -> Mouse -> Mouse Click. Kemudian masukkan kode di bawah ini.

 this.ShowData();  


Demikian Materi tentang CRUD Netbeans ini, jika ada pertanyaan silahkan tuliskan di kolom komentar, saya akan senang sekali untuk diskusi bersama anda.

Perintah Perulangan Pada Java di Netbeans

1/21/2017 Add Comment



Konsep dasar perulangan dalam pemograman harus di fahami secara utuh oleh proggammer, karena dalam pembangunan aplikasi kita tidak akan terlepas  oleh printah yang di sebut perulangan ini.

Dalam penjelasan perulangan kali ini saya akan menguraikan berdasarkan konsep dasar dan contoh penggunaannya secara langsung.

Sebaiknya jika anda ingin memahaminya, anda harus mepraktekkan langsung pada Netbeans anda. Berikut ini kami uraikan Printah For, Printah While, dan do While.

Perintah FOR () Pada Java

 for(inisialisasi; syarat; perubahan nilai) {  
   //perintah-perintah yang akan diulang  
 }  

Inisialisasi nilai adalah tempat dimana kita akan memberikan nilai awal pada variable counter (variable yang digunakan untuk menghitung jumlah perulangan). Syarat pengulangan adalah syarat yang harus dipenuhi agar perulangan tetap dilakukan.

Perubahan nilai adalah perubahan yang akan dilakukan pada tiap putaran untuk menjamin bahwa perulangan tersebut tidak akan berlangsung terus-menerus. Berikut ini adalah flowchart yang menunjukkan bagaimana perintah for() dikerjakan:


Contoh Program perulangan menggunakan FOR() pada java Netbeans, Paste kode di bawah ini pada class yang anda buat, anda dapat memahami dengan cepat kondisi perulangan dengan mempraktekkan pada Netbeans anda.

Contho Kode Perulangan FOR()

 public class ClassPerulangan {  
   public static void main(String[] args) {  
     int a = 0;  
     for (a=0; a<5; a++){  
       System.out.println("Nilah a : "+a);  
     }  
   }  
 }  

Tampilan pada Java Netbeans


Hasil Perulangan




Perintah WHILE() Pada Java

 while(syarat pengulangan) {  
    //perintah-perintah yang akan diulang  
 }  

Berbeda dengan for(), while() tidak memiliki inisialisasi. Oleh karena itu, inisialisasi harus diberikan sebelum perintah while(). Statement yang melakukan perubahan nilai juga perlu diberikan di dalam perintah-perintah yang akan diulang.

Hal ini perlu dilakukan untuk menjamin bahwa perintah while() tidak akan melakukan perulangan terus-menerus. Berikut ini adalah flowchart yang menunjukkan bagaimana perintah while() dikerjakan:


Contoh Kode dengan printah WHILE() 

 public class ClassPerulangan {  
   public static void main(String[] args) {  
     int a = 0;  
     while (a<5){  
       System.out.println("Nilah a : "+a);  
       a++;  
     }  
   }  
 }

Tampilan Pada Java Netbeans



Printah DO WHILE() Pada Java

 do {  
    //perintah-perintah yang akan diulang  
 } while (syarat pengulangan);  

Perintah do while() akan menjalankan statement miliknya minimal satu kali, meskipun syarat pengulangan tidak terpenuhi.

Berikut ini adalah flowchart yang menunjukkan bagaimana perintah do while() dikerjakan:



Contoh Kode dengan printah DO WHILE() 

 public class ClassPerulangan {  
   public static void main(String[] args) {  
     int a = 0;  
     do{  
       System.out.println("Nilah a : "+a);  
       a++;  
     }while(a

Tampilan Pada Java Netbeans




Setelah anda mempraktekkan seluruh contoh di atas, anda harus memahami alur dari setiap perulangan tersebut sebelum memulai project anda.


Penggunaan Kondisi Pada Program Java Netbeans

1/21/2017 Add Comment
Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang kondisi. Secara umum kondisi adalah sebab yang menimpa pada suatu persoalan. Dalam contoh ini saya membuat perumpamaan kondisi pada dunia nyata seperti gambar di bawah ini.

Misalnya ipin adalah anak yang nakal, kemudian ia membuat keributan di sebuah kelas, karena teman-teman sedang belajar maka mereka terganggu oleh ipin, secara sepontan ipin di pukuli oleh teman-teman yang lain.

Kondisi yang menipa ipin dalam kasus ini adalah karena ia mengganggu temannya yang sedang belajar, jika ipin tidak mengganggu maka ipin akan mendapat pujian oleh temannya. (ilustrasi).


Kondisi digunakan untuk mengarahkan perjalanan suatu proses. Penyeleksian kondisi diibaratkan sebagai katup atau kran yang mengatur jalannya air. Bila katup terbuka maka air akan mengalir dan sebaliknya bila katup tertutup air tidak akan mengalir atau akan mengalir melalui tempat lain.
Fungsi penyeleksian kondisi sangat penting dalam pemogramman, mari simak penjelasan penggunan kondisi pada pemogramman java berikut ini.

1. Struktur Kondisi “if…”

Struktur if dibentuk dari pernyataan if dan sering digunakan untuk menyeleksi suatu kondisi tunggal. Bila proses yang diseleksi terpenuhi atau bernilai benar, maka pernyataan yang ada di dalam blok if akan diproses dan dikerjakan. Bentuk umum struktur kondisi if adalah :

if(kondisi){
 Bila kondisi bernilai benar atau true maka bagian ini dijalankan
 Bila kondisi benilai salah atau false maka bagian ini tidak dijalankan
}
Contoh Kode Program Kondisi pad Java :
Pada contoh ini kita ibaratkan pada perhitungan nilai, jika ipin mendapat nilai

import java.util.Scanner;
public class IfElseSatu {

 public static void main(String[] args) {
   float nilai;
   Scanner masukan= new Scanner(System.in);
   System.out.print("Masukan nilai yang didapat : ");
   nilai = masukan.nextFloat();
   if(nilai > 70 && nilai<=100){
     System.out.print("SELAMAT ANDA LULUS !!");
   }else{
    System.out.print("MAAF ANDA TIDAK LULUS !!");
   } 
 }
}

2. Struktur Kondisi “if…else if…else…”

Dalam struktur kondisi if…..elseif…else minimal terdapat 3 pernyataan.Pada struktur ini setiap kondisi diperiksa, jika kondisi tersebut benar maka pernyataan yang berada di ruang lingkupnya yang dijalankan, namun bila semua kondisi tidak benar maka pernyataan pada bagian terakhir yang dijalankan.

Bentuk umumnya adalah sebagai berikut :
if(kondisi 1){
Bila kondisi1 bernilai benar atau true maka HANYA bagian ini dijalankan. }else if(kondisi 2){ Bila kondisi2 bernilai benar atau true maka HANYA bagian ini dijalankan. }else if(kondisi 3){ Bila kondisi3 bernilai benar atau true maka HANYA bagian ini dijalankan. }else{ Bila kondisi1, kondisi2 dan kondisi3 bernilai salah atau false maka bagian ini yang dijalankan }
Contoh Kode Program :
Pada contoh di bawah ini kita akan memasukkan nilai (variabel) nilai sebuah mata perkuliahan, kondisi yang akan di buat adalah sebagai berikukt :
- jika nilai ipin di atas 80 maka ia mendapatkan nilai A
- jika nilai ipin di atas 70 maka ia mendapatkan nilai B
- jika nilai ipin di atas 60 maka ia mendapatkan nilai C
- jika nilai ipin di atas 50 maka ia mendapatkan nilai D
- jika nilai ipin tidak sama dengan sumua nilai di atas, maka ia mendapat nilai E
import java.util.Scanner;
public class IfElseIf {

 public static void main(String[] args) {
   float nilai;
   Scanner masukan= new Scanner(System.in);
   System.out.print("Masukan nilai yang didapat : ");
   nilai = masukan.nextFloat();
   if(nilai > 80){
     System.out.print("Anda Mendapat Nilai A");
   }else if(nilai > 70){
     System.out.print("Anda Mendapat Nilai B");
   }else if(nilai > 60){
     System.out.print("Anda Mendapat Nilai C");
   }else if(nilai > 50){
     System.out.print("Anda Mendapat Nilai D");
   }else {
     System.out.print("Anda Mendapat Nilai E");
   } 
 }
}

Tampilan Pada Program


Seluruh kondisi pada program akan menggunakan metode yang sama, tinggal kita mengatur dimana kondisi tersebut akan di gunakan, kita dapat mengimplementasikan hasil dari kondisi yang dapatkan.

 Pantun :  
 Berakit-rakit kita kehulu  
 Berengan-renang ketepian  
 Bersakit-sakit dahulu  
 Terima proyeknya kemudian  
- Sandi Fadiah Bahri